Kepulauan Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa adalah gabungan 17 pulau yang ada di utara pulau Jawa, berjarak kira-kira 85km dari Jepara atau 120km dari Semarang. Kepulauan Karimunjawa ini merupakan destinasi wisata populer yang terkenal akan pasir putih pantainya dan terumbu karang yang mengelilinginya.

Akses ke Kepulauan Karimunjawa ada 2 yaitu dari Pelabuhan Kartini Jepara dan Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Kapal yang melayani rute ini ada 3 yaitu Kapal Ferry Siginjai, Kapal Cepat Express Bahari (keduanya dari Jepara) dan Kapal Cepat Kartini (dari Semarang). Harga tiket Kapal Ferry Siginjai 75-97 ribu sekali jalan, Kapal Express Bahari 150-175 ribu sekali jalan dan Kapal Kartini adalah 122-142 ribu sekali jalan (update akhir 2017). Berikut adalah jadwalnya.

Gua sendiri sudah beberapa kali mengunjungi kepulauan ini. Berikut adalah spot-spot di Karimunjawa yang sudah gua kunjungi, silakan dibuka setiap lokasi pada link dibawah ini untuk melihat dokumentasi dan reviewnya.

  1. Pulau Karimun
  2. Gosong Cemara Kecil
  3. Tanjung Gelam
  4. Gosong Seloka
  5. Pulau Kecil
  6. Pulau Tengah
  7. Pulau Sambangan
  8. Pulau Genting
  9. Pulau Seruni
  10. Pulau Menjangan Besar
  11. Pulau Menjangan Kecil
  12. Gosong Cemara Besar
  13. Pulau Sintok
  14. Indonor Wreck & Nyamplungan
  15. Pantai Batu Topeng

 

Waktu kunjungan terbaik Karimunjawa adalah bulan April – November. Buat yang mau kesini tapi gak mau repot, kami juga menyediakan open trip & private trip ke Karimunjawa. Silakan lihat jadwalnya di Open Trip Cah Pantai.