Uji Nyali di Indonor Wreck dan Menyisiri Nyamplungan dari Sisi yang Berbeda

Dari sebelah timur Pulau Karimun, kami berpindah lokasi ke sebelah barat pulau. Tujuan kami kali ini adalah spot Indonor Wreck dan Nyamplungan.

Indonor Wreck adalah kapal barang yg tenggelam di perairan Karimunjawa. Letaknya di sebelah utara Pulau Karimun. Biasanya lokasi ini dijadikan spot diving.

Dulu gua penasaran banget sama spot ini… Begitu udah sampe kemari malah nyali jadi ciut. Bayangan gua, Indonor Wreck bakal kelihatan dari atas karena airnya yg bening. Sampe disana ternyata gelap, gak keliatan bayangannya juga. Pak Bandi, guide kami bilang emang ini gak seperti biasanya. Airnya agak keruh.

Tapi, walaupun begitu tetap aja sayang untuk dilewatkan. Gua menceburkan diri ke laut… Brrrrr…. Airnya dingin banget… “dalem neh” batin gua.

Dengan masker snorkeling, gua coba melongok di bawah. Ternyata tetep aja gelap. Jarak pandang sekitar 1 atau 2 meter. “Mana kapalnya neh?”

Pak Bandi, yg udah biasa nemenin turis kemari menunjukkan lokasi kapalnya. Gua motret-motret dari atas. Samar-samar keliatan ada sesuatu dibawah namun gak terlalu jelas bentuknya.

Pak Bandi kemudian ngajak gua nyelem ke bawah. Awalnya gua berani, tapi kok gak nyampe-nyampe ya? Mungkin ada kedalaman 5 meter untuk mencapai ke kapal. Pikiran gua kemana-mana… Udah dingin, gelap, tahan napas, keliatan pula rongsokan kapal… “Wah angker neh…” gua mulai membayangkan hantu Davy Jones dan Jack Sparrow… Gua juga lupa kalo tangan gua masih megang kamera Kodak Playsport yang cuma kuat tekanan di kedalaman 3 meter. Pantes keluar gelembung dari celah-celah di kamera. Ancur dah… 😛

Akhirnya gua menyerah… Melambaikan tangan kearah kamera dan bergegas ke permukaan… Gua serahkan photo session ke Mas Tono cameraman lokal & Pak Bandi yg nafasnya kayak pake bantuan insang…

Dari Indonor Wreck, perjalanan kami lanjutkan ke Nyamplungan. Nyamplungan adalah daerah perbukitan di Pulau Karimun. Di puncak bukitnya terdapat wisata ziarah makam Sunan Nyamplungan, putra Sunan Muria, yg menyebarkan Islam di Karimunjawa. Oleh karena itu biasanya para wisatawan yang mengunjungi daerah ini akan menempuh jalur darat. Namun, pada perjalanan ini kami melihatnya dari sisi yg berbeda.

*Untuk informasi transportasi dan cerita Cah Pantai pada objek wisata lainnya di Karimunjawa bisa dilihat di Wisata Kepulauan Karimunjawa.

 

@ Koordinat

  • Indonor Wreck : -5.78167, 110.46222
  • Spot Snorkeling Nyamplungan : -5.82492, 110.44528









INDONOR WRECK & SPOT SNORKELING NYAMPLUNGAN



 

1 thought on “Uji Nyali di Indonor Wreck dan Menyisiri Nyamplungan dari Sisi yang Berbeda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.