Pulau Genting, Rayuan Pulau Kelapa

Pulau Genting terletak di bagian timur Karimunjawa. Memakan kira-kira 1 jam perjalanan dengan perahu dari pelabuhan Pulau Karimun.

Sebenarnya Pulau Genting termasuk jarang dikunjungi wisatawan. Jarang juga dijadikan opsi oleh biro pariwisata. Tapi, justru itu yg bikin gua penasaran. Gua heran, padahal Pulau Genting termasuk salah satu pulau yg berukuran besar di Karimunjawa. Maka dari itu, perjalanan gua ke Karimunjawa kali ini gua niatkan untuk mengunjungi pulau tersebut.

Tiba di Pulau Genting, tak ada yg menyambut kita. Sepi sekali. Gambaran yg ada di pikiran gua, pulau ini adalah pulau yg ditinggalkan penduduknya karena gua lihat terdapat beberapa rumah di pinggir pantai dan jembatan yg panjang. “Mungkin ini sisa-sisa peradaban Pulau Genting” batin gua.

Ternyata gua salah, pulau ini masih berpenghuni bahkan masuk ke dalam pulau yg berpenghuni terbanyak kedua di Karimunjawa setelah Pulau Karimun. Bahkan pulau ini lebih maju daripada Karimun kalau dilihat dari segi kelistrikan. Di pulau ini listrik 24 jam non stop, karena selain menggunakan genset, disini dibantu pula oleh sel surya. Tapi, karena mayoritas penduduknya adalah nelayan, maka pada siang hari sepi sekali dan menimbulkan kesan seperti ditinggalkan penghuninya. 😀

Tahun 2010 di Facebook ada game yg judulnya Farmville. Buat lo yg pernah main, pasti gak asing dengan spot bernama Hawaiian Paradise. Disini yg jadi mata uang untuk jual beli item adalah kelapa. Nah, Pulau Genting juga hampir mirip dengan Hawaiian Paradise. Di Pulau ini kelapa dimana-mana, gua jadi ngebayangin jangan-jangan mereka jual beli juga pake mata uang kelapa lagi? 😀

Ada kejadian unik. Ketika kami lagi jalan keliling kampung, tiba-tiba salah satu warga meminta tolong membawakan 2 buah kelapa. Dan ternyata, kelapa tersebut untuk kami. Tidak hanya dua, ia memberi banyak sekali sampai-sampai ayam-ayam pun mendapat jatah dan kami pun sampai dibekali kelapa ketika pulang.

Sungguh berkesan mengunjungi Pulau Genting ini… Sepertinya cocok kalo gua menyanyikan sebuah lagu ciptaan Ismail Marzuki yg dulu sering diputer di stasiun-stasiun tv ketika abis siaran: Rayuan Pulau Kelapa…

Tanah airku Indonesia…
Negeri elok amat kucinta…
Tanah tumpah darahku yang mulia…
Yang kupuja sepanjang masa…

Tanah airku aman dan makmur…
Pulau kelapa yang amat subur…
Pulau melati pujaan bangsa…
Sejak dulu kala…

Melambai lambai…
Nyiur di pantai…
Berbisik bisik…
Raja Kelana…

Memuja pulau…
Nan indah permai…
Tanah Airku…
Indonesia…

*Untuk informasi transportasi dan cerita Cah Pantai pada objek wisata lainnya di Karimunjawa bisa dilihat di Wisata Kepulauan Karimunjawa.

 

@ Koordinat

  • Pulau Genting: -5.85278, 110.60006

 



PULAU GENTING





 

1 thought on “Pulau Genting, Rayuan Pulau Kelapa

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.