Dua Sisi Gunung Slamet

Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah. Ketinggiannya mencapai 3432 meter diatas permukaan laut. Namun, jujur gua sendiri sampai saat ini belum pernah mencapai puncaknya. Hehehe… (jadi malu nih 😛 )

Banyak orang bilang bahwa Gunung Slamet menyimpan misteri di dalamnya. Namun dibalik kemisteriusannya, Gunung Slamet menawarkan pesona yang luar biasa. Gua menyebutnya “Dua Sisi Gunung Slamet”, karena pesona tersebut berada di dua bagian gunung tersebut yaitu di sisi sebelah utara dan di sisi sebelah selatan.

Sisi sebelah utara, ada objek wisata Guci yang berjarak kurang lebih 40km dari kota Tegal. Di Guci terdapat objek wisata pemandian pancuran air panas dan air terjun. Untuk pemandian air panas sendiri dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit karena kandungan belerangnya. Selain itu, disini juga terdapat jalur pendakian Gunung Slamet yang “katanya” adalah jalur pendakian Slamet yang terindah karena masih liar dan terkesan jauh dari peradaban manusia. Gua ingat betul ketika ke Guci adalah pada bulan Ramadhan. Susahnya mencari makanan sahur disana. Untungnya ada warung sate yang mau diketuk pintunya. Kalau tidak, terpaksa deh sahur dengan kripik singkong sisa semalam. Hehehe…

Sebelah selatan Gunung Slamet terdapat objek wisata Batur Raden yang berjarak hanya setengah jam perjalanan dari Purwokerto. Di Batur Raden sendiri terdapat berbagai macam objek antara lain pemandian air panas pancuran tiga dan pancuran tujuh, hutan wisata dan Telaga Sunyi. Nama yang disebut terakhir adalah favorit gua diantara sekian banyak objek. Telaga Sunyi seperti namanya, benar-benar sunyi. Rasanya tenang dan damai jika berada disini. Pemandangan sekitar telaga juga sangat bagus untuk bernarsis ria. Kalian bisa cek banyaknya pose gua disini 😛 . Telaga ini dalamnya bervariasi dari 1 hingga 4 meter, terlihat tenang namun arusnya deras, jadi hati-hati bagi yang belum bisa berenang jikalau ingin nyemplung. Oh ya, ketika kemari gua juga melihat ular berenang di tengah-tengah telaga, mungkin berasal dari celah-celah batu. So, intinya tetap waspada oke! But… Gua rasa selama niat kita baik, everythings gonna be okay.

Jadi gimana? Pilih utara atau selatan? Atau kedua-duanya? Apapun pilihannya, slamet menikmati…

 

@ Koordinat

  • Guci -7.19775, 109.16524
  • Batur Raden -7.31314, 109.22874
  • Telaga Sunyi -7.30611, 109.24222
  • Pancuran Tujuh & Goa Sarabadak -7.31042, 109.21826




GUCI, BATUR RADEN & TELAGA SUNYI

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.