Pencarian Kupu-Kupu Langka di Taman Nasional Bantimurung

Kali ini gua ada misi untuk mencari spesies kupu-kupu langka. Misi ini emang cocok banget sama gua yang ahli botani lulusan teknik elektro. Demi pencarian ini, gua mengunjungi sebuah tempat yg katanya surga kupu-kupu, Taman Nasional Bantimurung.

Masuk area taman nasional, kita akan menemukan sebuah patung 3 ekor kupu-kupu berukuran sekitar 1,5 meter dengan tulisan di bawahnya ‘Bantimurung The Kingdom of Butterflies’. Gak salah pilih tempat neh… Semoga ketemu kupu-kupu langkanya, kalo bisa sih yg ukuran raksasa kayak di pintu masuk.

Gua dan istri menyusuri setiap jengkal dari Taman Nasional Bantimurung, mulai dari Goa Mimpi, Air Terjun, Goa Batu sampai sudut-sudut taman nasional barangkali ada sepasang kupu-kupu kepala item, eh kupu-kupu langka endemik daerah ini.

Lama menyusuri tempat ini, hanya melihat beberapa kupu-kupu seliweran. Ternyata menurut penjaganya saat ini belum musim kupu-kupu, masih musim kepompong… What!!! Bagaimana cara gua bedain kepompong langka??? Ya sudah deh, mending gua cari kupu-kupu malam* saja 😛

*ngengat

 

Update : Yes! Akhirnya gua nemuin juga spesies kupu-kupu langka di perjalanan pulang… Gak nyangka ternyata kupu-kupu ini malah ada di jalan raya…

 

@ Koordinat

  • Taman Nasional Bantimurung : -5.01655, 119.68479




TAMAN NASIONAL BANTIMURUNG

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.