Tiu Kelep & Sendang Gile yang Bikin Penasaran

Hanya semalam di Gili Trawangan, hari berikutnya kami melanjutkan perjalanan ke destinasi yang berbeda. Air terjun!

Lombok memang terkenal dengan wisata pantainya. Namun, selain itu Lombok juga menyimpan potensi wisata yang lain yaitu air terjun.

Awalnya iseng browsing, ketemu gambar air terjun yang unik. Seperti ada dua air terjun bergabung. Air terjun yang paling atas mengucur deras tanpa menyentuh tebing, sedangkan yang dibawahnya mengalir menuruni tebing bercabang-cabang. Penasaran, gua cari tau nama dan lokasi air terjun ini. Mulanya muncul nama Sendang Gile di beberapa foto yang di upload di dunia maya. Namun, setelah gua cari tau lebih jauh ketemulah nama Tiu Kelep!

Sendang Gile dan Tiu Kelep memang masih satu lokasi di Desa Senaru, kaki Gunung Rinjani. Tetapi Sendang Gile lebih populer, karena letaknya yang lebih dekat dari pintu masuk. Hal itulah yang membuat kerancuan ketika dulu gua mencari nama air terjun ini di internet.

Untuk menuju ke Tiu Kelep & Sendang Gile, dari pelabuhan Bangsal kami menyusuri jalanan ke arah utara. Kondisi jalanan sepi namun jaraknya jauh. Sempat tersasar ke desa Santong karena salah koordinat, setelah perjalanan hampir 2 jam kami akhirnya sampai juga di Desa Senaru.

Dari pintu masuk, kami menuruni anak tangga. Ada 2 percabangan, yang ke bawah menuju Sendang Gile, air terjunnya terlihat dari percabangan tersebut,  sedangkan yang ke atas adalah jalan menuju Tiu Kelep. Sebelum tiba di Tiu Kelep, kami melewati jembatan, lalu jalan tanah dan sungai berarus. Ingat kata Dora kepada Boots: Jembatan – Jalan Tanah – Sungai Berarus. Ulangi lagi! Jembatan – Jalan Tanah – Sungai Berarus. Hehehe… 😀

*Untuk informasi transportasi dan cerita Cah Pantai pada objek wisata lainnya di Lombok bisa dilihat di Wisata Lombok.

 

@ Koordinat

  • Sendang Gile : -8.30603, 116.40781
  • Tiu Kelep : -8.31221, 116.40412

 








TIU KELEP & SENDANG GILE



 

1 thought on “Tiu Kelep & Sendang Gile yang Bikin Penasaran

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.