Cuci Mata di Curug Cikaso

Curug Cikaso terletak di kecamatan Surade, kabupaten Sukabumi. Bagi gua, ini adalah curug terindah yg pernah gua kunjungi di Jawa Barat. Air terjun kembar dengan warna airnya yang hijau, ditambah dengan landscape bebatuan di sekitarnya menjadikan curug ini sedap dipandang mata. Tidak hanya air terjunnya, dalam perjalanan menuju kesana kita juga disuguhi pemandangan alam yg indah. Jika turisnya seorang fotografer, gua rasa dia bakalan turun terus dari kendaraan di sepanjang perjalanan. Bisa dibilang ini tempat cuci mata yang positif. Hehehe…

Dari arah Pelabuhan Ratu, arahkan perjalanan ke selatan menuju Jampang Kulon, melalui jalan yang berkelok-kelok. Setelah 58km kita akan bertemu pertigaan Surade, arahkan kendaraan ke kiri menuju Tegalbuleud kurang lebih sekitar 7km lagi. Disini sering-sering bertanya karena tidak adanya petunjuk jalan ke Curug Cikaso. Dari parkiran mobil ke curug kalian bisa berjalan kaki ataupun dengan menggunakan perahu yang disewakan warga sekitar.

Gua sarankan untuk kesini ketika cuaca cerah, karena jika hujan lumpur-lumpur yang di dasar sungai akan naik dan menyebabkan warna air di sekitar Curug Cikaso menjadi coklat keruh. Hati-hati juga jika ingin menaiki bebatuan di sekitar curug, kondisinya berlumut dan licin. Tidak dianjurkan pula untuk berenang di bawah air terjun karena alirannya deras.

 

@ Koordinat

  • Curug Cikaso : -7.36114, 106.61775

 



CURUG CIKASO





 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.