Menikmati Hijaunya Green Canyon

Green Canyon atau Cukang Taneuh adalah objek wisata sungai yg dikelilingi tebing yg terletak di kecamatan Cijulang, kabupaten Ciamis. Lokasinya berjarak 40 km di sebelah barat Pantai Pangandaran.

Sejarah penamaan Green Canyon menurut tour guide lokal adalah seorang Perancis yg berkunjung kesana menyama-nyamakan karakteristik tebing-tebingnya dengan Grand Canyon di Amerika. Oleh karena dominasi warna hijau yg berasal dari warna tanam-tanaman dan lumut yg tumbuh di tempat itu berpadu dengan warna air yg juga hijau, maka diplesetkan menjadi Green Canyon.

Untuk menyusuri Green Canyon dapat kita lakukan dengan 2 cara. Pertama, dengan menaiki perahu menyusuri sungai dari pintu masuk Green Canyon. Kedua, jika ingin menyusurinya lebih jauh, kita memulai start dari Gua Bahu. Untuk cara yg kedua ini, karena arus air yg deras dan beberapa tempat mengalami penyempitan, maka tidak dapat menggunakan perahu. Yg dapat kita lakukan adalah berenang. Penduduk setempat memfasilitasi renang susur sungai ini dengan peralatan rafting tetapi minus perahu karet, kita menggunakan tubuh kita sebagai perahu kita sendiri. Oleh karena itu kegiatan ini diberi nama body rafting.

*Sekedar saran, bagi yg ingin menikmati pemandangan “green” canyon sebaiknya mengunjungi daerah ini di musim kemarau, sebab ketika terjadi hujan maka keesokan harinya warna air akan berubah menjadi coklat. Namun, pada saat seperti itu aliran air menjadi sangat deras sehingga menambah sensasi bagi penikmat olahraga ekstrim ketika melakukan body rafting.

**Jika ingin bermalam direkomendasikan menginap di Pantai Batu Karas, banyak penginapan dengan view laut disini. Di pantai ini juga banyak permainan air seperti banana boat dan flying fish.

 

@ Koordinat

  • Green Canyon : -7.73510, 108.45672
  • Pantai Batu Karas : -7.74795, 108.49818









GREEN CANYON & PANTAI BATU KARAS



 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.